Minggu, 01 Mei 2011

BAHASA

Pengertian Bahasa
Batasan pengertian bahasa yang lazim diberikan, yaitu bahasa adalah sistem lambang arbitrer yang dipergunakan suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasi diri (Kridalaksana, 1982:17 ).
Beberapa hal yang menarik yang dapat disimpulkan dari batasan pengertian itu adalah :
a. Bahasa merupakan suatu sistem 
b. Sebagai sistem, bahasa bersifat arbitrer,dan
c. Sebagai arbitrer,bahasa dapat digunakan untuk berinteraksi,baik dengan orang lan maupun dengan diri sendiri.
Sebagai sistem, bahasa memiliki komponen-komponen yang tersusun secara hierarkis. Komponen ini meliputi komponen fonologis, morfologis, sintaksis, dan semantis. Sesuai dengan keberadaanya sebagai suatu sistem, masing-masing komponen tersebut saling memberi arti, saling berhubungan dan saling menentukan. 
Pada sisi lain, setiap komponen juga memiliki sistemnya sendiri. Sistem pada tataran bunyi, misalnya dikaji dibidang fonologi, pada tataran kata dikaji bidang morfologi,dan kajian sistem pada tataran kaliamat menjadi wilayah sintaksis. Sebagai subsistem, masing-masing komponen tersebut juga telah  mengandung aspek semantis tertentu sehingga secara potensial dapat disusun dan dikombinasiakn untuk digunakan dalam komunikasi. Sistem yang mengatur hubungan makna dalam lambang kebahasaan maupun hubungan makan dalam lambang denagn dunia luar bahasa menjadi lambang kajian semantik.
Dari kenyataan bahwa nahasa merupan sesuatu yang bersistem, maka bahasa sebenarnya, selain bersifat arbitrer, sekaligus juga nonarbitrer. (Bolinger,1981: 9)
Dengan terdapatnya sistem dan sekaligus kesepakatan itulah, bahasa akhirnya dapat digunakan untuk berinteraksi. Pemakaian bahasa dalam interaksi, lebih lanjut juga membuahkan sejumlah ciri lain. Hal itu terjadi karena bahasa bukan satu-satunya alat yang digunakan dalam bentuk komunikasi . Di luar bahasa masih ada tanda-tanda lain, baik berupa morse, rambu-rambu lalu lintas, lambang-lambang matematis, dan sebagainya. Dengan mengkaji perbedaan antara lambang kebahasaan dengan karakteristik lambang lain di luar bahasa,dapat diketahui bahwa bahasa memiliki ciri - ciri tertentu yang bersifat khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar